AkademikBerita

International Engagement : Dosen UniSZA Malaysia Kunjungi UNIKAMA Malang (Unikama jalin Kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat dengan UnisZA Malaysia)

FAPET – Unikama Sabtu 6 Januari sampai 10 Januari 2024 menerima kunjungan dari Universitas Sultan Zainal Abidin Malaysia (UniSZA) di wakili Dr. Asmad Kari dan Assoc. Prof. Dr. Connie Fay Komilus, dalam kunjungannya terdapat beberapa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kegiatan pertama dimulai pada hari Minggu 7 Januari 2024 dengan melakukan kunjungan ke PT. Tiara Kurnia (Pabrik Pengolahan Limbah Organik). Dalam kunjungannya 2 dosen UniSZA yakni  Dr. Asmad Kari dan Assoc. Prof. Dr. Connie Fay Komilus di damping oleh direktur DP3M Dr. Ir. Enike Dwi Kusumawati, S.Pt., MP., IPM., kepala pusat pengembangan kerjasama Ayu Liskinasih, SS., M.Pd, serta kaprodi Peternakan Dr. Dimas Pratidina Puriastuti Hadiani, S.Pt., MM. Kunjungan tersebut sekaligus menfasilitasi UniSZA untuk penjajagan kerjasama dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada Masyarakat dengan PT. Tiara Kurnia. Sebagaimana sebelumnya PT. Tiara Kurnia telah menjalin kerjasama dengan Fakultas Peternakan Unikama sejak tahun 2021. Dilanjutkan ke CV. Milkindo Berka Abadi dengan tujuan yang sama yaitu menfasilitasi UniSZA untuk penjajagan kerjasama dibidang Pendidikan dan Penelitian.

Di hari berikutnya yaitu penandatanganan MoU dengan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) dilangsungkan di ruang Abdul Rajab serta dihadiri dan disaksikan oleh dekan dan kaprodi di lingkungan UNIKAMA.  Setelah itu dilanjutkan melakukan kunjungan industri ke PT. KTHR Indonesia dan Laboratorium Integrated Farming yang terletak di Wagir.

Hari ketiga, yakni Selasa 9 Januari 2024 kuliah tamu juga dilaksanakan dalam rangkaian International Engagement dengan diikuti oleh mahasiswa Fapet dan pemateri berasal dari dosen UniSZA. Dengan membawa 2 materi yang berbeda yaitu Introduction To Sperm Collection, Evaluation And Preservation oleh Dr. Asmad Kari dan Seed And Leaf : Organic Feed For Poultry ? oleh Assoc. Prof. Dr. Connie Fay Komilus. Dilanjutkan dengan Scientific Workshop yang diikuti oleh seluruh dosen Peternakan. Kegiatan Scientific Workshop ini merupakan kolaborasi riset dan publikasi ilmiah.

Di hari terakhir kunjungannya di UNIKAMA dosen UniSZA didampingi oleh dosen-dosen Fapet melakukan kunjungan ke BBIB Singosari dan IPAD Punten Batu untuk melakukan penjajagan MoU sekaligus pembahasan terkait kegiatan Tridharma.

Selain kegiatan tersebut, juga dilaksanakan kegiatan International Community Service yang juga telah dilaksanakan mulai tanggal 7-10 Januari 2024 di Malang serta 11-14 Januari 2024 yang dilaksanakan secara bersama antara UNIKAMA, UniSZA dan Undhiksa yang bertempat di Bali.