Berita

Desa Binaan Unikama Lolos Pendanaan Program Desa Berinovasi Tahun 2021

UNIKAMA – Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) membantu Desa binaannya yakni Desa Mendalanwangi dalam pengajuan proposal pembangunan desa bersama BUMDes Mendalanwangi. Desa Binaan ini merupakan wujud implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Desa Binaan merupakan suatu program pembangunan masyarakat dan juga Nasional.

“Pengajuan proposal bantuan pemerintah berupa Desa Berinovasi Tahun 2021. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Deputi Bidang Penguatan Inovasi maka, kami mendampingi Desa Mendalanwangi dalam penyusunan proposal tersebut bersama BUMDes Mendalanwangi Berkah dengan judul Pengembangan Desa Ternak Berkelanjutan Dengan Menumbuhkembangkan Budaya Berinovasi Dalam Pakan Ternak, Budidaya dan Pengolahan Hasil Ternak di Desa Mendalanwangi. Dengan judul tersebut akhirnya, Desa Mendalanwangi lolos menjadi salah satu penerima bantuan Program Desa Berinovasi,” terang Dekan Fapet Unikama Dr. Ir. Enike Dwi Kusumawati, S.Pt., MP., IPM.

Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi peternakan kambing, itik dan ayam; meningkatkan jiwa wirausaha peternak dan sensitif terhadap peluang pasar; meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peternak dalam mengelola dan mengembangkan potensi peternakan yang dimiliki terutama dalam hal manajemen peternakan dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal sehingga dapat berproduksi secara optimal dan berkelanjutan.

“Sedangkan untuk proses pembinaannya berupa transfer teknologi dan pendampingan langsung. Seperti teknologi pemuliabiakan, manajemen, reproduksi, pengolahan pakan silase serta introduksi alat chopper, pengolahan kotoran ternak, pembuatan telur asin aneka rasa sampai pengolahan nugget daging ayam. Pembinaan ini sudah kami lakukan sejak 2013 sampai saat ini,” tambahnya.

Setelah lolos program Desa Berinovasi ini nantinya proses transfer teknologi dan ilmu pengetahuan akan terus dilakukan oleh Unikama dari berbagai disiplin ilmu yang ada. Bisa dengan program KKN maupun PKL serta program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen. Tidak hanya itu, Unikama akan membantu perluasan jejaring Kerjasama dan pemasaran hasil produk Desa Mendalanwangi.

“Saya berharap bantuan pemerintah ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Desa Mendalanwangi terutama BUMDes Mendalanwangi Berkah untuk mengembangkan potensi Desa Mendalanwangi menuju Desa yang Tangguh, Produktif, Inovatif dan mandiri,” tutupnya.